The Economic and Regulatory Environment


THE ECONOMIC AND REGULATORY ENVIRONMENT

 

Di UK, perencanaan keuangan pribadi sangat erat hubungannya dengan peraturan perundang – undangan dan distribusi jasa. Peraturan – peraturan atau regulasi tersebut diterbitkan oleh FSA (Financial Services Act).

 

Selain FSA, lembaga yang berperan dalam financial services (yang secara tidak langsung mempengaruhi perencanaan keuangan pribadi setiap orang) adalah FOS (Financial Ombudsman Service). FOS ini adalah lembaga yang berperan dalam penyelesaian sengketa antara konsumen dengan perusahaan. sengketa yang dimaksud di sini adalah sengketa yang terjadi jika seorang konsumen mengajukan komplain terhadap suatu perusahaan. Komplain yang dapat diajukan melalui FOS ini antara lain yang berkaitan dengan :

  1. Jasa perbankan
  2. Kartu kredit
  3. Konsultasi investasi dan keuangan
  4. Polis asuransi
  5. Asuransi jiwa
  6. Pegadaian
  7. Rencana pensiun pribadi
  8. Perencanaan tabungan beserta rekeningnya
  9. Saham
  10. Unit trusts

 

Selain FOS, ada juga lembaga lain yang berfungsi menangani komplain konsumen, yaitu FSCS (Financial Service Compensation Scheme). FSCS ini bertugas menyelidiki komplain yang diajukan oleh konsumen dan membayarkan kompensasi kepada konsumen yang mengajukan komplain tersebut. Bidang komplain yang ditangani oleh FSCS ini meliputi masalah deposito, investasi, dan asuransi.

 

Hal yang mengejutkan dalam sistem regulasi di UK ini adalah tidak adanya regulasi tentang mis-selling yang diterbitkan oleh FSA. Mis-selling adalah penjualan atau penerbitan financial product oleh perusahaan tertentu yang berisiko sangat tinggi namun dikemas dengan menarik sehingga konsumen tidak menyadari bahwa risiko yang mereka hadapi sangat tinggi, financial product tersebut dikemas dengan menyertakan janji – janji dan garansi – garansi yang syarat / ketentuan sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak bisa diklaim oleh konsumen. Contohnya seperti :

  1. Endowment mortgage
  2. Split capital investment trusts
  3. Personal pensions

 

Jenis financial produk lainnya yang menimbulkan kekhawatiran antara lain :

  1. Income drawdown
  2. Precipice bonds
  3. Equity release mortgage
  4. Corporate bond funds

 

FSA juga menerbitkan regulasi yang berkaitan dengan aktivitas – aktivitas keuangan illegal semacam :

  1. Money laundering
  2. Insider dealing / trading

 

Yang patut dicermati adalah dalam membuat perencanaan keuangan pribadi, setiap individu harus memperhatikan pengaruh – pengaruh yang ada di lingkungan sekitar, seperti pengaruh ekonomi, sosial, dan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Hal penting lainnya adalah setiap individu sebaiknya memiliki pengetahuan yang memadai tentang kondisi keuangan yang sedang terjadi dan tentang berbagai macam financial product yang ditawarkan oleh perusahaan, untuk menghindari terjadi mis-selling dan keterlibatan dalam aktivitas – aktivitas illegal, yang tentunya dalam jangka panjang akan mengganggu perencanaan keuangan pribadi setiap individu.

2 thoughts on “The Economic and Regulatory Environment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s